Rabu, 20 Desember 2017

Resolusi dan Introspeksi Diri


Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti mempersiapkannya, meskipun perkataannya, “ikuti saja alur kehidupan layaknya arus,” tetapi dalam hati memliki impian di tahun mendatang apa yang ingin dicapai.

Sebelum membicarakan dan membuat resolusi untuk tahun 2018 ada baiknya jika kita sedikit menengok ke belakang. Selama 11 bulan kemarin apakah resolusi tahun 2017 sudah tercapai? Jika sudah bersyukurlah, jika belum buat lagi untuk resolusi tahun depan.

Banyak sekali pencapaian yang ingin diraih dalam menentukan resolusi dalam setiap tahunnya, entah itu bisa masuk dalam logika ataupun tidak. Tetapi, untuk meraih kesuksesan dengan tercapainya semua resolusi, sudahkah melakukan langkah yang sesuai?

Mari kita cek resolusi tahun 2017 dari beberapa segi.
1.         Religi
Sudah seberapa baik peningkatan iman dalam hati kita di tahun 2017? Kalau sudah baik berapa skalanya?
2.         Financial
Dari sisi financial, sudah membaikkah keuangan kita? Kalau sudah membaik, masihkah berkaitan dengan riba?
3.         Sosial
Seberapa banyak pertemanan atau rekanan yang tercipta di tahun 2017? Adakah pertikaian yang belum terselesaikan?
4.         Keluarga
Sebaik apa kondisi keluarga di tahun 2017? Bagaimana komunikasi yang terjalin?

Setelah melakukan pengecekan kondisi pencapaian di tahun 2017 barulah buat resolusi untuk tahun 2018 dengan membagi faktor yang sama dengan tahun sebelumnya. Jika ingin menambahkan itu juga sangat baik.

Untuk saya pribadi, pencapaian tahun 2017 dan resolusi 2018 masih saling terkait.
Dari sisi religi, saya ingin lebih banyak bersyukur dan menambah kekuatan iman dengan hati yang lebih tulus menerima setiap takdir yang harus dilalui.
Dari sisi financial, ada beberapa tanggung jawab di tahun 2017 yang harus menjadi bahan untuk melewati tahun 2018 pula.
Mengenai sosial dan keluarga, tentu ingin melakukan yang terbaik untuk semuanya. Menambah rekan kerja baru untuk memperluas jaringan dan mempermudah dalam meraih target pencapaian di tahun 2018.

Tahun 2018 tinggal beberapa hari lagi, lebih semangat menyambut tahun baru, target baru, jalan rezeki baru. Semuanya yang baru akan membuat lebih semangat.

4 komentar:

  1. Aamiin, semoga tercapai resolusi 2018nya ya mba :)

    BalasHapus
  2. Semoga tercapai resolusinya ya Mbak..Aamiin :)

    BalasHapus
  3. Semoga sukses ya Mba Ningsih resolusi 2018 nya :)

    BalasHapus
  4. Bener Mba, klo kita bikin evaluasi n revolusi itu perlu memperhatikan semua aspek seperti religi, finansial dll. Semoga tercapai ya keinginannya ��

    BalasHapus

Resolusi dan Introspeksi Diri

Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti memper...