Rabu, 13 Desember 2017

Bobor Bayam Ala-Ala


Buat Emak-Emak pagi hari memang selalu super aktif tenaga dan pikirannya, mulai dari masak, mencuci mengurus anak dan seabreg pekerjaan lainnya. Kadang saatnya mau memasak, bingung menu ... entah karena bosan atau nggak ada persediaan di lemari pendingin.
Begitu juga kejadiannya tadi pagi dengan saya. Karena bingung dengan menu, bosan juga menu masakan biasanya. Cek lemari pendingin ada bayam pemberian tetangga udah beberapa hari lalu, akhirnya eksekusi saja. Sayang kalau kelamaan bisa busuk dan harus dibuang (irit).


Setelah ketemu dengan bayam, bingung lagi mau masak gimana. Pilihan antara sayur bening dan bobor. Sayur bening saya sudah biasa masaknya tapi bobor belum pernah, akhirnya googling aja resep bobor. Dapet deh ... siap eksekusi.
Karena kurang suka dengan bumbu merica, akhirnya saya pakai bumbu seperti biasa untuk memasaknya. Saya share resep versi ala-ala aja.
Bahan :
Bayam, wortel.
Bumbu:
Ketumbar, kencur, bawang merah, bawang putih, cabe (optional), terasi (optional), gula merah, daun salam, laos, garam, minyak goreng, santan.

Cara memasaknya sangat praktis, karena saya memang selalu mencari masakan yang praktis biar nggak buang-buang waktu.

Kita mulai saja yuk, masaknya:
1.         Haluskan ketumbar dan kencur. Iris tipis-tipis bumbu lainnya.
2.         Panaskan minyak goreng.
3.         Masukkan semua bumbu yang diiris hingga wangi, setelahnya baru bumbu halus.
4.         Setelah semua bumbu dimasukan, lanjutkan dengan wortel.
5.         Tunggu hingga wortel setengah matang.
6.         Selanjutnya masukkan bayam, tunggu hingga layu.
7.         Masukkan gula merah.
8.         Tuangkan air panas secukupnya, dilanjutkan dengan santan.
9.         Masukkan garam hingga rasanya sesuai dengan keinginan.
10.     Matikan api. Bobor bayam ala Emak rumahan siap dihidangkan.


Tapi maaf, lupa foto waktu sudah dihidangkan. Dan tahu-tahu sudah habis saat makan siang. Kebetulan di rumah sangat terbiasa dengan sayuran hijau, hingga anak yang berusia 3,5 tahun pun sangat menyukainya.

8 komentar:

  1. Ini sayur favoritku sejak kecil dulu, Mbak..Seger rasanya. Makan pakai nasi hangat. sambel..lauk krupuk...wah, syedeeep!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, kebetulan lagi musim hujan ... banyak bayam di mana-mana tinggal petik aja, nggak beli #hehe

      Hapus
  2. Harus coba resep bobor mbak ningsih nih. Kalau saya bobornya beda. Bumbunya nggak ditumis

    BalasHapus
  3. Waw dari gambarnya udah mengunggugah selera bun hihihi. Tapi jujur saya baru pertama kali nama menu masakan ini ��

    BalasHapus
  4. bobor bayam, nasinya anget sama sambel terasi ... wuaah...favorit banget...

    BalasHapus
  5. sy belum pernah coba .. jadi pengen bikin hmmm thank you mbak ningsih

    BalasHapus
  6. Saya biasanya cuma dibuat sayur bening aja mba. Noleh juga nih nanti dicoba.

    BalasHapus
  7. Saya lebih suka yang sayur bening mba, tapi buat menambah berat badan boleh juga..

    BalasHapus

Resolusi dan Introspeksi Diri

Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti memper...