Senin, 23 Oktober 2017

Asyiknya, Menjadi Penulis Konten Freelance



Apa sih Penulis Konten? Pekerjaannya seperti apa?

Kedua pertanyaan itu tentu melintas di dalam pikiran kita ketika membaca judulnya. Sama halnya dengan saya ketika pertama kali mendapatkan pekerjaan menjadi penulis konten. Untuk menjadi penulis konten tidaklah sulit tetapi juga tidak mudah, karena kita harus menguasai beberapa teknik menulis.

Penulis konten merupakan seseorang yang menerima jasa menulis untuk blog, fanpage dan media bisnis lainnya. Penyedia jasa ini hadir seiring menjamurnya kegiatan bisnis online, baik itu online shop dengan fanpage atau pun bisnis online dengan blog. Para pebisnis online ini membutuhkan banyak tulisan untuk memenuhi laman bisnis mereka. Bagi mereka yang mampu melakukannya sendiri, banyak yang melakukan tetapi untuk yang sibuk, biasanya lebih banyak menggunakan jasa penulis konten.

Tulisan yang diminta oleh pebisnis pun menyesuaikan dengan apa yang mereka butuhkan. Bisa dalam bentuk artikel SEO untuk blog dan fanpage tetapi ada juga yang membutuhkan iklan untuk beberapa marketplace. Marketplace menginginkan sang pemilik produk membuat deskripsi se-detail mungkin, di situlah pekerjaan penulis konten dibutuhkan dalam proses pembuatan deskripsi produk.

Selain kesibukan para pebisnis online, jasa penulis konten dibutuhkan untuk efisiensi waktu mereka. Dengan menggunakan jasa penulis mereka tidak perlu memikirkan dan merangkai kalimat untuk bisnisnya.

Untuk range harga penulis konten tergantung jam terbang penulis dan kesepakatan, range memang tidak semahal menulis artikel untuk media online. Tetapi pasar benar-benar luas untuk penulis ini. Banyak penyedia jasa ini tersebar di internet. Begitu search ‘jasa penulis konten’ pada mesin pencarian google, maka akan banyak muncul hasil pencarian dengan berbagai range harga yang tersedia.


Penyedia jasa paling terkenal adalah project.co, di laman web tersebut banyak pembuat proyek dan penulis konten tergabung. Butuh waktu untuk tembus project di laman tersebut karena persaingan yang begitu ketat dengan banyaknya penulis yang tergabung.

Kenapa pekerjaan Penulis Konten freelance menarik?

Pekerjaan menulis apa pun termasuk konten, bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Itu salah satu penyebab, kenapa banyak yang tertarik untuk menjadi penyedia jasa penulisan tersebut. Perkembangan bisnis online yang semakin meroket, tentu membutuhkan jasa penulis konten semakin banyak. Penambahan jam terbang sangat berpengaruh dengan kemenangan proyek penulisan.


Saya sendiri yang tanpa sengaja terjerumus menjadi penulis konten, akhirnya menikmati hasil yang lumayan setelah beberapa kali mendapatkan pesanan. Seiring perbaikan kulaitas tulisan, angka-angka akan mengikutinya.

Siapkah menjadi penulis konten berikutnya?

Jangan lupa untuk lebih banyak belajar menulis apa pun, yang penting itu melahirkan ide-ide baru dalam menulis. Dengan terbiasa menelurkan ide menulis, tentu akan lebih lancar dalam melayani kebutuhan pengguna jasa tulisan.


So, jangan takut jika hanya dikatakan sebagai penulis konten. Karena sedikit demi sedikit semua akan menjadi bukit dan menggemukan rekening. 


9 komentar:

  1. Saya suka yang terakhir..menggemukkan rekening :)
    Thanks infonya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyess ... asyik mbak ... sama-sama

      Hapus
  2. sepertinya semua emak tertarik dan fokus di bagian menggemukkan rekening ya mvak Dian Restu Agustina ?...hahaha.
    Ajarin dong mbak ningsih.....😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha ... rekening gemuk emang maunya Emak ... dari pada badannya yang tambah melebar

      Hapus
  3. Terimakasih infonya mba.. baru tahu real nya.. kalau dulu dengar2 gitu aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, dulunya nggak percaya, tapi begitu dapet job jadi tahu #hehe

      Hapus
  4. Tertarik juga nih jadi penulis konten. TFS mba.. :)

    BalasHapus
  5. Tapi jangan rekening gendut yang mendadak yak... hehehe. asik banget jadi penulis konten...

    BalasHapus

Bobor Bayam Ala-Ala

Buat Emak-Emak pagi hari memang selalu super aktif tenaga dan pikirannya, mulai dari masak, mencuci mengurus anak dan seabreg pekerjaan...