Rabu, 18 Oktober 2017

5 Manfaat Petai si buah bau yang tetap menjadi favorit.



Sebagai orang Indonesia tentu kita amatlah familiar dengan buah yang satu ini. Buah petai yang bau menyengatnya amatlah khas, tetapi tetap saja menjadi favorit. Buah ini juga salah satu yang lagi booming di tempat kelahiran saya, karena memang sedang tiba musim panen petai.

Pohon petai berbuah setahun sekali (pengalaman pribadi) begitu musim panen datang, kehadirannya membanjiri pasar tradisional. Harga pun sangat bersaing, biasanya pedagang akan memisahkan mana yang kualitas baik dan tidak. Tentu kualitas tersebut akan menentukan harga jual.

Digunakan untuk apa sebenarnya petai ini, hingga tetap ada yang menyukainya meskipun berbau menyengat. Berikut saya share penggunaan petai sehari-hari dalam masyarakat yang sering dijumpai.

1.       Sebagai pelengkap masakan.
Petai sering kali digunakan untuk pelengkap masakan. Masakan yang sering kita jumpai menambahkan petai di dalamnya adalah sayur lodeh, sambel goreng ati, sambel teri, dan masih banyak lagi jenis sayur tradisional yang menggunakannya sebagai pelengkap.


2.       Sebagai lalapan.
Saya menjumpai petai yang digunakan sebagai lalapan  di warung-warung makan. Penyajiannya pun berbeda tergantung permintaan untuk setiap orangnya, ada yang direbus atau dikukus, ada pula yang digoreng atau pun langsung dimakan mentah begitu saja, baik langsung dengan kulitnya maupun tidak.



Dua hal tersebutlah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari Emak-Emak. Selain berfungsi sebagai bahan pelengkap menu makanan, ternyata kandungan yang terdapat dalam petai itu bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut 5 manfaat petai untuk kesehatan yang dekat dengan keseharian, diantaranya:
1.       Meringankan gejala depresi.
Kandungan Tryptopan pada petai, sejenis protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin yang berfungsi membuat relax dan memperbaiki mood sehingga membuat tubuh lebih nyaman. Penderita gangguan depresi bisa mengkonsumsi petai secara berkala untuk membantu proses penyembuhan.
2.       Anemia.
Kandungan zat besi tinggi pada petai membantu tubuh dalam menstimulasi sel darah merah atau hemoglobin. Dengan hemoglobin yang cukup tubuh akan terhindar dari anemia
3.       PMS (PreMenstrual Syndrome).
PMS sering dialami oleh para wanita, perubahan mood yang drastis salah satu akibatnya. Nah, kandungan vitamin B6 pada petai membantu tubuh dalam mengatur kadar gula dan membantu menstabilkan mood.
4.       Tekanan darah tinggi.
Kandungan kalium yang tinggi dan rendah garam pada petai, membuatnya sempurna dalam mengatasi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan petai membuat klaim resmi mengenai kemampuan buah ini dalam menurunkan resiko tekanan darah dan stroke. Kandungan kalium juga bisa membantu kemampuan otak untuk memiliki daya ingat yang baik.
5.       Sembelit.
Kandungan serat yang tinggi membantu memperlancar pencernaan dan mengurangi sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar, cukup dengan petai maka pencernaan lancar, sembelit teratasi dan membantu proses pelangsingan perut.

Itulah 5 manfaat petai bagi kesehatan. Perlu diingat juga, meskipun baik untuk tubuh dan banyak manfaatnya, tetapi konsumsi tidak boleh berlebihan. Sesuatu yang berlebihan akan lebih banyak dampak buruknya. Konsumsi secukupnya saja.



Sumber referensi :
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-petai-untuk-kesehatan/


18 komentar:

  1. Saya termasuk yang tidak suka petai, udah terlanjur terdoktrin petai itu sesuatu yang gak enak dan bau, jadilah sampe sekarang gak suka. Padahal banyak manfaatnya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ... iya, aku juga baru tahu manfaatnya :)

      Hapus
  2. wkwkwkwkkw, sya mah doyan petai mbak,,, di lalap juga oke, tapi baru tahu jika petai bisa sebagai penghilang depresi

    hajaaarrrrr

    BalasHapus
  3. Wah, banyak manfaatnya ternyata..tapi saya nggak makan petai Mbak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ... banyak juga sih yang nggak makan, dengan berbagai alasan termasuk baunya

      Hapus
  4. Ini makanan kesukaanku mba hihihi

    BalasHapus
  5. Enak mba.. petai, tapi baunya juga..

    BalasHapus
  6. Saya ga bisa makan petai Mbak Ningsih..pasti buat hiasan aja hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa mbak nggak bisa? alergi-kah?

      Hapus
  7. saya tak suka petai rasanya pahit...bagaimanalah. kadang dicibir sama keluarga tapi bagaimanalah tak suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya enak mbak pete, yang nggak enak jengkol #hehe

      Hapus
  8. Petai,termasuk salah satu makanan favorit saya, Mbak hihihi..
    Apalagi petai yang masih muda, manis rasanya. Untuk menghilangkan baunya, biasanya saya makan timun setelah makan petai.

    BalasHapus
  9. Petai teri. Nyuuss ya mbak. Saya juga suka petai

    BalasHapus

Bobor Bayam Ala-Ala

Buat Emak-Emak pagi hari memang selalu super aktif tenaga dan pikirannya, mulai dari masak, mencuci mengurus anak dan seabreg pekerjaan...