Rabu, 13 September 2017

Ternyata Inspirasi Datangnya dari Perempuan



Perempuan dan inspirasi ternyata memang tak pernah terpisahkan. Kisah inspiratif hampir separuhnya menghadirkan perempuan sebagai tokoh utama. Kenapa perempuan begitu menginspirasi?

Perjalanan hidup perempuan, sejak di lahirkan memang sudah unik. Dengan kodratnya perempuan harus menguasai berbagai bidang yang berhubungan dengan keterampilan, rumah tangga, keuangan, pendidik serta pekerja. Tanpa di sadari hal tersebut kita dapat sejak kecil.

Ketika Ibu mengajarkan membuat mainan dari bahan-bahan di sekitar, itu bisa mengasah kemampuan perempuan dalam bidang keterampilan. Saat Ibu meminta tolong membereskan mainan yang berserakan, itu mengajarkan salah satu tanggung jawab dalam rumah tangga yaitu merapihkan rumah. Ketika Ibu meminta untuk menyisihkan uang jajan untuk tabungan, saat itulah Ibu mengajarkan tentang manajemen keuangan. Ketika Ibu meminta kita belajar, itulah awal dari kita belajar menjadi pendidik. Saat Ibu meminta membantunya mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaannya, saat itulah Ibu mengajarkan kita untuk bekerja.

Dalam setiap langkah kecil tersebutlah, perempuan-perempuan mendapatkan kisah-kisah menarik yang sangat inspiratif. Ada yang melalui kehidupannya dengan penuh cinta dan yang lainnya ada juga yang penuh derita. Tentu hal tersebut menurut versi mereka masing-masing. Dan cerita-cerita seperti itulah yang menjadi salah satu penyebab kenapa kisah inspiratif lebih banyak datang dari para perempuan.

Kisah perempuan paling sering dijadikan cerita adalah yang berkisah tentang Ibu. Banyak yang membuat kumpulan cerita dari banyak wanita, kemudian di kumpulkan menjadi sebuah buku. Dengan tujuan berbagi kisah dan cerita agar menginspirasi perempuan lainnya untuk pantang menyerah. Jika itu berhubungan dengan kebahagiaan, maka biarkan pembaca mengikuti caranya yang rela berkorban untuk meraihnya dan sebaliknya apa bila kisahnya penderitaan, maka itu akan membuat pembaca tersadar bahwa masih banyak penderitaan yang dialami oleh orang lain.

Perjalanan yang di tulis biasanya berkisah tentang kedekatan mereka dengan sang Ibu atau kisah dirinya saat menjadi seorang Ibu. Namun bukan hanya tentang Ibu, ada juga beberapa komunitas yang membuat kisah yang bertema perempuan. Tema perempuan tentu lebih luas jangkauan ceritanya, hingga banyak sekali yang menginspirasi dari berbagai perjalanan hidup seorang perempuan.


Perempuan memang unik begitu juga perjalanan hidupnya. Perempuan dengan multitasking-nya menjadi sumber inspirasi bagi perempuan lainnya, dan menjadi pelajaran penting untuk kaum Adam dalam memperlakukan para perempuan terdekatnya.


6 komentar:

  1. Bener mba, banyak kisah inspiratif berawal dari perempuan, terutama Ibu. Jadi bikin saya bersyukur juga telah menjadi ibu dan saya berharap bisa juga memberi inspirasi yang baik untuk anak saya

    BalasHapus
  2. Berbagai kisah perjalanan hidup seorang perempuan, bisa menjadi sumber pembelajaran dan inspirasi bagi perempuan lainnya.

    BalasHapus
  3. Perempuan inspiratif dalam kisahnya masing-masing. Maka, perlu saling menguatkan satu sama lain. Semua ada lebih kurangnya, tak perlu mencela apalagi menghina...:)

    BalasHapus
  4. Apa karena laki-laki enggan mengumbar kisahnya, sehingga terlihat wanita begitu menginspirasi bahkan sekadar masak di dapur dengan daster seadanya.

    BalasHapus
  5. inspirasi bisa darimana saja, terutama dari yang nampak tiap harinya. Ibu dan tentu saja bapak..adalah inspirasi terbesar seorang anak

    BalasHapus
  6. Perempuan itu makhluk unik yang setiap individunya punya kisah getir tersendiri...perasaan halusnya justru penuh misteri

    BalasHapus

Resolusi dan Introspeksi Diri

Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti memper...