Sabtu, 05 Agustus 2017

WOW! Ada Cara Sehat Konsumsi Mie Instan




Mie instan adalah makanan instan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Terbukti Indonesia berada pada peringkat kedua dunia untuk kategori konsumsi mie instan terbanyak. Mie instan sangat praktis penyajiannya, apalagi ketika kita butuh makanan hangat serta tidak bisa keluar rumah atau hanya karena malas untuk masak makanan yang lebih ribet proses penyajiannya.
Mie instan juga menjadi pilihan utama para penghuni kost. Anak kost dan mie instan seolah tak bisa terpisah. Konsumsi mie instan sama halnya dengan roti dan nasi karena kandungan karbohidratnya pun sama baiknya, hanya saja dalam bumbu mie instan terlalu banyak MSG dan garam.
Tapi tenang dulu, penikmat mie instan tidak perlu khawatir berlebihan. Ada caranya untuk tetap sehat meskipun hanya mengkonsumsi mie instan. Berikut kita bahas cara sehat konsumsi mie instan.
1.    Perhatikan tanggal kadaluarsa.
Sebelum memasak mie instan, cek terlebih dahulu tanggal kadaluarsa. Jangan sampai kita mengkonsumsi mie instan yang sudah kadaluasa. Sebaiknya pengecekan tanggal kadaluarsa dilakukan juga pada saat pembelian, untuk menghindari pembelian mie instan yang mendekati tanggal kadaluarsa.
2.    Perhatikan cara memasak.
Sesuaikan cara memasak mie instan kita dengan petunjuk penyajian pada kemasan. Petunjuk penyajian pada kemasan tentu telah melalui proses uji kelayakan terlebih dahulu, sehingga nilai gizi yang terkandung pada mie instan sesuai dengan keterangan pada kemasan.
3.    Buang air rebusan pertama.
Sebenarnya masih ada perdebatan untuk ini. Tetapi tujuan membuang air rebusan pertama adalah mengurangi zat pengawet yang di gunakan pada mie instan. Dengan berkurangnya bahan pengawet tentu membuat tubuh kita mengurangi penumpukan zat pengawet juga.
4.    Berikan tambahan untuk vitamin dan protein
Pada proses memasak mie instan sebaiknya tambahkan sayuran seperti wortel, kol, sawi dan sayuran-sayuran sejenis untuk memperoleh tambahan vitamin dan mineral. Serta tambahkan bahan makanan yang mengandung protein seperti telur, daging, tahu, tempe, dan sejenisnya. Dengan menggunakan tambahan tersebut, saat mengkonsumsi mie instan kita tidak hanya mengkonsumsi karbohidrat saja. 

5.    Jangan makan mie instan dengan nasi.
Mie adalah penghasil karbohidrat begitu pula dengan nasi. Hindari mengkonsumsi mie dengan nasi agar karbohidrat tidak menumpuk. Kelebihan karbohidrat bisa memicu penyakit datang dengan lebih mudah.
6.    Kurangi bumbu.
Jangan gunakan seluruh bumbu yang terdapat pada kemasan. Ini berguna untuk mengurangi MSG dan garam. Kedua zat tersebut akan memicu kanker, tekanan darah tinggi, kolesterol. Untuk mengganti bumbu yang dibuang, gunakan bumbu dapur seperti bawang putih, merica, bawah merah, cabe, tomat, dan bumbu dapur lainnya. Sesuaikan dengan selera.
7.    Batasi konsumsi.
Mengkonsumsi makanan jenis apapun jika berlebihan tentu tidak baik. Begitu juga dengan mie instan. Jangan terlalu sering mengkonsumsinya. Batasi konsumsi dengan maksimal konsumsi seminggu sekali.
Cara sehat konsumsi mie instan ini sudah banyak di share pada masyarakat umum. Saya mengingatkan kembali untuk tetap sehat walaupun mengkonsumsi mie instan. Jadi nggak selamanya mie instan itu buruk selama menggunakan penyajian yang benar.



Baca juga

6 komentar:

  1. Anak anak biasanya sangat suka mie... Entah kenapa mie itu rasanya enak banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak saya juga ketagihan, sampe diumpetin di panci buat simpen ... kalau di rak pasti ketahuan #hehe .... mungkin pengawetnya itu yang bikin nikmat

      Hapus
  2. nah, jika begitu ada apaya dengan miee.. kok anak-anak pada doyan mie

    BalasHapus
  3. Setujuu banget Mbak! kalau di rumah saya nggak pernah nye-tok banyak-banyak biar nggak kepengen bikin mie terus kwkwkw. Makasih sudah diingatkan cara penyajian mie instan yang sehat. Komplit poinnya nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyesss, mbak cukup sebiji dua biji aja #eh bungkus

      Hapus

Resolusi dan Introspeksi Diri

Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti memper...