Kamis, 10 Agustus 2017

Jangan Khawatir dengan JELITA (Jelang Lima Puluh Tahun)


JELITA atau jelang lima puluh tahun memang selalu menjadi momok tersendiri. Terutama buat Emak yang sudah terbiasa aktif dengan berbagai aktifitas. Asyik juga neh kalau udah JELITA tapi badan tetap sehat dan bugar.

Untk memperoleh hasil tersebut, harus di mulai dari sekarang nona-nona manis. Mumpung masih segar dengan usia yang belum JELITA. Ada resepnya nih biar tetep sehat dan bugar meskipun sudah JELITA.

1.      Kurangi cafein.
Kurangi minuman yang mengandung cafein. Beralihlah pada air mineral yang befungsi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Ini akan lebih membuat para Emak JELITA terlihat lebih segar dan bugar.

2.      Hindari makanan instan dan fast food.
Makanan instan yang praktis membuat Emak ketagihan, tentu saja semua juga merasakannya. Emak harus mengganti konsumsi makanan instan dan fast food dengan makanan sehat dan fresh. Konsumsi buah-buahan segar dan sayuran hijau bagus untuk kesehatan.

3.      Tidur berkualitas
Memiliki pola tidur yang baik sangat membantu Emak menjaga kondisi tubuh. Untuk usia 20-an tidur 4-5 jam sehari cukup, berbeda dengan Emak yang sudah usia 40-an minimal 6 jam sehari untuk menjaga tubuh tetap fit. Kekurangan jam tidur membuat daya tahan tubuh melemah yang akan berakibat mudahnya terserang penyakit.

4.      Moving.
Bergeraklah walau hanya berjalan-jalan sekitar rumah, untuk mengeluarkan racun dalam tubuh bersama keringat. Jadi jangan keasyikan nonton serial India di televisi saja, bergeraklah untuk berkeringat. Jangan pula terlalu menempel dengan gadget. Kecanduan gadget membuat interaksi dengan dunia luar berkurang.

5.      Makan teratur.
Makan teratur meliputi jam makan, dan porsi makan. Jam makan besar, makan ringan buatlah dengan teratur. Tidak hanya sehari tiga kali tapi jam makan juga harus di atur. Begitu pula dengan camilan, jangan terlalu banyak. Ingat sesuatu yang berlebihan atau pun kurang itu tidak baik.


Maaak, jika ingin tetap bugar dalam usia JELITA, jaga kondisi dari sekarang. Sebelum terlambat. Usia 40-an akan lebih mudah terserang penyakit-penyakit karena daya tahan tubuh sudah berkurang. Yuuuk jaga kondisi tubuhmu SEKARANG bukan NANTI.

baca juga :

8 komentar:

  1. Pas buat saya tipsnya Mbak Ningsih...40-an sudah..saatnya siap-siap praktekkan tips di atas. Meski susah untuk bisa tidur 6 jam, banyakkan kurang nih hiks!..Terus cafein, oh tidak..musti dikurangin yaaa...baiklah akan dicoba :)

    BalasHapus
  2. Bagaimana bisa berpisah dari kopi... Huhuhu.. Teman saya menatap layar laptop supaya tak redup....

    BalasHapus
  3. Waah..life begin at fourth yaa mbak ningsih hihiii..penting banget ini buat persiapanšŸ‘

    BalasHapus
  4. Cafein itu apa termasuk teh juga nggk yaa... saya memang kurang suka kopi, tapi doyan nge teh :-)
    waahh olah raga nih yang jarang, udah terasa sekarang, diusia 3o tahun badan mulai capek capek

    BalasHapus
    Balasan
    1. teh juga tapi tidak seburuk kopi setahuku ... hehe, pernah browsing waktu hamil

      Hapus

Resolusi dan Introspeksi Diri

Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti memper...