Rabu, 02 Agustus 2017

Cara Cepat Membaca Buku




Beberapa hari ini saya sedang belajar untuk membaca 1 buku sehari namun nyatanya masih saja gagal. Untuk buku yang tebalnya 150 lembar saja saya butuh waktu 3 jam, lalu bagaimana bisa membaca yang diatas 500 lembar. Alasan tersebutlah yang membuat saya kemudian searching artikel membaca cepat.
Dan dengan pemahaman yang sudah saya pelajari, saya akan share kepada teman-teman semua yang juga sedang belajar untuk membaca cepat.

 1.   Biasakan membaca buku.

Dengan seringnya membaca buku akan membuat kosakata yang ada dalam otak kita bertambah. Ini akan memudahkan kita saat membaca cepat karena tidak perlu mengartikan per kata. Semakin banyak buku yang terbaca, akan semakin cepat waktu kita membaca. 



2.      Jangan baca per kata tapi per kalimat.
Saat belum terbiasa membaca buku, mata akan melihat tulisan perkata, tentu ini membuat kita lambat dalam menyelesaikan bacaan. Teknik membaca per kalimat adalah dengan memfungsikan semua mata kita, jadi bukan hanya melihat dari depan tapi ekor mata pun ikut berperan. Saat mata akan menyelesaikan bacaan pada sebuah kalimat, biarkan ekor mata yang melakukannya dan mata depan fokus untuk melanjutkan kalimat selanjutnya. 

3.      Buatlah standar waktu untuk membaca.
Buatlah timer di saat membaca, itu akan menunjukan kemampuan membaca kita. Persempit waktu untuk melatih membaca lebih cepat selesai. Setelah berhasil buat lagi timer untuk membaca cepat dan paham dengan isi bacaannya. Setelah keduanya bisa bersinergi dengan baik di situlah kita dinyatakan mampu membaca berapa lama untuk berapa buku. 

4.      Tinggalkan paradoks.
Paradoks yang terjadi sebelum membaca adalah jadi mengantuk. Hilangkan hal tersebut dari pikiran kita agar mampu membaca dengan baik. Di sini sugesti berlaku, jika kita menyatakan mengantuk atau pun malas, tentu saja itu yang akan terjadi pada tubuh kita.

Untuk belajar menulis, membaca memang sangat di perlukan agar menambah pengetahuan kita. Selain itu membaca juga penting untuk menambah perbendaharaan kata, cara menulis yang baik juga bisa di dapatkan dengan membaca. Dengan membaca kita melihat karya orang lain, disitulah kita belajar.

So, tinggalkan malas dan ngantukmu dalam membaca.


Jangan lupa baca :

Sumber :


8 komentar:

  1. mbaaa sy sejak punya anak ngga punya ksempatan untuk membaca . ada saja ...hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga mbak ... xixixi ... suka rebutan

      Hapus
  2. Saya jarang baca novel sekarang hiiks..belinya buku ngajar :D TFS mbak ningsih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ... saya lagi belajar fiksi jadi banyak baca novel ... makanya buat buku-buku tebel sedang belajar baca cepat

      Hapus
  3. Poin yang nomor 4 itu agak susah bagi saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang susah tapi perlu di lawan, kalau saya mengantuk tetap tidur saja dulu meskipun hanya satu menit dengan buku menutupi wajah, setelah terbangun biasanya lebih fresh dan lanjutkan. terima kasih sudah membaca :)

      Hapus
  4. Bermanfaat sekali nih, Teh, terutama di point nomer 4. Harus bisa dibiasakan, jangan asal bilang males dsb..
    Btw, salam kenal ya, Teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang manusia itu tempatnya alasan, hehe ... salam kenal juga, terima kasih sudah membaca :)

      Hapus

Resolusi dan Introspeksi Diri

Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti memper...