Selasa, 08 Agustus 2017

Asyiknya Job Description Ibu Rumah Tangga


Ibu rumah tangga memang full job description, urus suami, anak, serta pekerjaan mengurus rumah yang tak pernah ada hentinya. Rasanya kalau boleh meminta sehari itu jangan 24 jam tapi lebih. Tidur pun hanya beberapa jam saja, kadang tidak sampai lima jam si Ibu tidurnya. Mestinya dan seharusnya adalah tidur enam jam sehari, agar tetap bugar dan sehat.

Baru terlelap sebentar, tahu-tahu sudah pagi menjelang. Badan juga masih berasa letihnya, tetapi sudah waktunya untuk bergumul dengan pekerjaan rumah lagi. Kerepotan Ibu rumah tangga bisa diatasi apabila ada pengaturan waktunya. Saya akan share sedikit berdasakan pengalaman dalam mengatur waktu bagi Ibu rumah tangga.

1. Evaluasi pekerjaan hari ini sebelum tidur
Mengevaluasi pekerjaan hari ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui yang terselesaikan dan tidak. Yang tidak terselesaikan bisa dimasukkan dalam pekerjaan esok hari. Sementara yang terselesaikan juga bisa diketahui sejauh mana hasilnya.

2. Rencanakan pekerjaan esok hari.
Setelah melakukan evaluasi dan mendapat hasil, yang tidak terselesaikan masukan ke dalam list di poin ini. Dengan merencanakan kegiatan esok, bisa dibuat prediksi waktunya dengan melihat dari keberhasilan hari ini.

3. Buat  daftar pekerjaan.
Buat daftar pekerjaan apa saja yang dilakukan. Pekerjaan Ibu rumah tangga yang seabreg itu buat dalam daftar. Dengan memiliki daftar pekerjaan akan memudahkan untuk membuat skala prioritas. Poin ini benar-benar harus dikerjakan, agar pekerjaan benar-benar bisa dilakukan dengan baik dan benar.


4. Tentukan skala prioritas.
Setelah memiliki daftar pekerjaan, tentukan skala prioritas. Skala prioritas di gunakan untuk menentukan pekerjaan mana yang akan lebih dulu dikerjakan. Pekerjaan mana saja yang paling penting, penting saja dan kurang penting.


5. Buat ‘me time’
Me time dibuat untuk melepas kejenuhan dan kepenatan dengan semua pekerjaan. Buat me time sesuai dengan kebutuhan, karena setiap orang punya cara berbeda untuk melaksanakan dan menentukan me time. Tentukan rentang waktu dan kegiatan apa yang akan dilakukan saat me time, dengan begitu akan lebih mudah melaksanakannya.

6. Berbagi peran dengan suami.
Pekerjaan rumah tangga bukan hanya milik Ibu rumah tangga, melainkan Bapak rumah tangga juga harus ikut ambil bagian. Penting sekali berbagi pekerjaan dengan suami, karena akan sangat membantu Ibu rumah tangga serta meringankan pekerjaan Ibu rumah tangga. So, suami jangan gengsi melakukan pekerjaan rumah tangga, karena rumah tangga adalah tanggung jawab bersama.


Dengan semua poin untuk mengatur waktu bagi Ibu rumah tangga dilaksanakan dengan baik. Saya yakin pekerjaan menjadi lebih ringan dan juga tertata. Ibu tidak akan kelimpungan lagi karena kekurangan waktu. Selamat mencoba, selamat bahagia menjadi Ibu rumah tangga. 

baca juga :

8 komentar:

  1. Seringkali saya menulis jadwal tapi pelaksanaannya melenceng dari jadwal

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp mbak, karen ibu rumah tangga tetep punya hectic

      Hapus
  2. Tips yang lengkap dan patut dicoba, Mbak. Jika semua terjadwal dan tertata tentu kerjaan bisa lancar dan selesai sesuai jadwal :)

    BalasHapus
  3. Wah penting ini..schedulešŸ‘ Thanks for sharing Mbak NingsihšŸ˜

    BalasHapus
  4. schedule itu yang kadang bikin susah untuk menerapinnya hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak harus kaku mbak bikinnya, menyesuaikan aja

      Hapus

Resolusi dan Introspeksi Diri

Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti memper...