Senin, 24 Juli 2017

Musim Pancarobah, Jangan Khawatir ada 3 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh





Kondisi cuaca yang tak menentu saat ini, memicu lemahnya daya tahan tubuh manusia. Cuaca panas yang tiba-tiba berubah menjadi dingin atau pun sebaliknya, membuat tubuh kesulitan melakukan adaptasi. Daya tahan tubuh yang lemah mempermudah penyakit menyerang tubuh kita. Terutama flu, mungkin flu termasuk ringan tetapi tetap saja mengganggu aktifitas.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, kita pelu memiliki pola hidup yang baik. Seperti apa pola hidup yang baik, saya akan share sedikit tentang hal tersebut.

1.       Perhatikan jam tidur.
Usahakan jam tidur kita adalah 5 jam sehari, karena itu adalah pola paling sederhana dari mengistiahatkan tubuh. Tubuh juga memiliki standar kekuatan sendiri untuk menopang otak kita dalam bekerja, alasan tersebutlah yang membuat kita harus tidur minimal 5 jam sehari. Atur pola tidur senyaman mungkin dengan jumlah 5 jam, misalkan 4 jam malam hari dan 1 jam di siang hari. 5 jam ini minimal, jadi boleh lebih dari 5 jam yang penting jangan kebablasan juga.

2.       Perhatikan pola makan.
Pola makan juga tidak kalah penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, kurangi konsumsi fast food dan pebanyak konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah-buahan menjadi salah satu sumbe vitamin terbaik untuk tubuh kita. Untuk daya tahan tubuh, vitamin sangat di butuhkan oleh tubuh kita. Contoh sayur dan buah yang bagus untuk daya tahan tubuh adalah bayam, brokoli dan sayuran berwarna hijau lainnya, lemon, alpukat, beri dan berbagai jenis buah lainnya yang mengandung vitamin c.

3.       Olahraga.
Untuk yang jadwal kerjanya 5 jam sehari, olahraga adalah hal yang cukup sulit untuk di lakukan jika tidak ada pemaksaan dari diri sendiri. Jadwalkan olahraga minimal 1 kali dalam seminggu, walaupun hanya bejalan kaki atau berlari keliling komplek. Yang jelas harus mengeluarkan keringat sebagai detoks.


Sedikit tips dari saya mengenai menjaga daya tahan tubuh, untuk menghadapi musim pancarobah yang cepat sekali berubahnya. Daya tahan tubuh yang baik membuat kita lebih semangat menjalani hari, mari jaga kondisi tubuh sebelum sakit menyerang. Jangan lupa juga perbanyak minum air putih untuk mengurangi dehidrasi. Salam sehat keluarga.


Jangan lupa baca juga :

8 komentar:

  1. Oke mba makasih info nya, mklum lg nulis kadang ngg tidur smalaman

    BalasHapus
  2. Waduh tdur dan olahraga agak repot patuhnya, kalo asupan aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalahku juga sama...tapi usahakan tetap tidur

      Hapus
  3. Duuh ... saya kurang olahraga nih. Padahal bisa menjaga daya tahan tubuh ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti bagus itu mbak daya tahan tubuhnya

      Hapus
  4. olah raga yg berat mulainya nih.... banyak malesnya 😰

    BalasHapus
  5. Wash..saya mulai ngurangi fast food mbak ningsih,..biarpun enak lama-lama agak ngeri juga efeknya. TFS yaaa

    BalasHapus

Resolusi dan Introspeksi Diri

Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti memper...