Jumat, 02 Juni 2017

Lebaran Jadi Ajang Jor-joran? No Way! Coba 4 Jurus Sakti Antiboros Berikut Ini!





Ngomongin tentang lebaran, sudah sampai mana persiapannya?

Lebaran dengan pengeluaran dua kali lipat hari-hari biasanya. Itulah yang selalu menjadi beban pengeluaran rumah tangga. Seharusnya momen bahagia itu tidak untuk menyusahkan tapi meringankan. Tak banyak yang merasakan kebahagiaan yang sebenarnya saat lebaran tiba.

Semua berlomba-lomba memperlihatkan kemewahannya masing-masing. Padahal, tindakan ini sebenarnya bukan sesuatu yang mutlak untuk di lakukan, lho. Masih banyak cara untuk merayakan hari kemenangan. Lebaran bahagia tapi tetap hemat? Bisa banget! Yuk, coba 4 jurus berikut ini!

1.      Buat catatan semua keperluan lebaran.
Catatan sangat penting untuk bisa menghindarkan kita dari belanja berlebih. Catat kebutuhan apa saja yang di perlukan untuk perayaan lebaran. Misalnya mau membuat menu apa, camilan yang di hidangkan apa saja. Buat makanan yang sederhana tapi nikmat saat di hidangkan, itu lebih bermanfaat daripada banyak makanan tapi tidak termakan karena berlebih, tentu hasilnya mubazir.

2.      Buat budget.
Setelah memiliki catatan untuk keperluan di saat lebaran, secara tidak langsung kita sudah bisa menentukan berapa budget yang akan kita butuhkan untuk keperluan tersebut. Membuat budget ini sangat penting, pengaruhnya pada keuangan rumah tangga. Untuk keperluan pakaian pun sebaiknya buatlah budget, tidak perlu mahal yang penting nyaman di pakai. Dengan penentuan budget dari awal tentu saja membuat alokasi dana lebih mudah. Dari hasil budget tersebut, bisa di kurangi jika dianggap berlebih ataupun di tambah jika dianggap kurang.

3.      Buatlah makanan sendiri.
Dengan membuat makanan lebaran sendiri bisa memangkas pengeluaran hingga 50%. Hal ini tentu membuat proses menghemat kita akan lebih sempurna. Luangkan waktu sejak awal di bulan ramadhan untuk membuat makanan-makanan ringan yang akan di hidangkan saat lebaran nanti. 

4.      Mix dan match pakaian lama.
Tidak selalu harus pakaian baru semuanya. Apabila kita masih memiliki stok pakaian yang masih memiliki warna yang bagus sebaiknya tinggal mix dan match aja. Pakaian apa yang sudah tidak bagus warnanya, pakaian tersebut yang harus di beli. Jadi bukan semua pakaian harus baru, pintar-pintarlah menyiasati.

Lebih bijak dalam mengurus pengeluaran lebaran akan sangat membantu keuangan setelah lebaran. Karena setelah liburan lebaran akan butuh waktu untuk menambah keuangan rumah tangga. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resolusi dan Introspeksi Diri

Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti memper...