Jumat, 02 Juni 2017

4 Pos Pengeluaran Wajib Selama Lebaran Ini, Nggak Boleh Dilupakan!




Setiap menjelang Lebaran pengeluaran wajib ini selalu ada, apa saja pengeluaran tersebut?

Setelah menjalani bulan Ramadhan, persiapan yang tak kalah pentingnya adalah Lebaran. Banyak pengeluaran tak terkendali untuk hari besar yang satu ini. Perlu dipilah lebih baik lagi untuk membedakan mana keperluan yang harus dilaksanakan dan tidak. 

Sebagai umat muslim tentu kita sangat paham pengeluaran rutin yang pasti kita keluarkan setiap bulan Ramadhan menjelang Lebaran. Pengeluaran rutin tersebut diantaranya :

1.      Zakat Fitrah.
Zakat fitrah merupakan wajib hukumnya bagi semua umat muslim baik itu laki-laki atau perempuan, tua atau muda. Zakat fitrah wajib dilaksanakan untuk mensucikan diri atau membersihkan diri dari dosa dan memberikan makan pada fakir miskin. Zakat fitrah di bayarkan dalam bentuk makanan pokok sebesar 2,5 kg beras atau uang dengan menyesuaikan harga beras yang di konsumsi.


2.      Pakaian Baru.
Untuk pengeluaran yang satu ini biasanya Ibu-ibu sudah mempersiapkannya jauh sebelum masuk bulan Ramadhan. Sebetulnya ini tidak harus, tetapi kebanyakan dari masyarakat kita masih menganut pemikiran bahwa lebaran harus menggunakan pakaian baru. Biasanya orang tua akan mendahulukan keperluan pakaian untuk anak-anaknya ketimbang untuk dirinya sendiri. Anak-anak lah yang utama mendapatkan fasilitas ini.

3.      Makanan Lebaran.
Membuat makanan tertentu di hari lebaran sudah menjadi khas di setiap rumah. Biasanya terdiri dari makanan berat dan camilan-camilan. Berapa banyak makanan yang kita buat akan menentukan berapa besar pengeluaran untuk yang satu ini.  


4.      Mudik.
Fenomena yang tak kalah menarik di hari menjelang lebaran adalah mudik. Semua orang berbondong-bondong untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari untuk kegiatan mudik. Kegiatan mudik termasuk yang memerlukan pengeluaran cukup besar. Karena hal yang harus di persiapkan juga banyak termasuk oleh-oleh dan amplop lebaran.

Selain semua pengeluaran tadi, hal lain yang tak kalah penting adalah mempersiapkan diri untuk bisa saling memaafkan. Dengan semua hal fisik yang terlihat, memaafkan dari hati adalah hal tersulit untuk di lakukan. Mari persiapkan hati dengan tulus untuk memaafkan, agar setelah lebaran kita benar-benar telah menjadi suci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resolusi dan Introspeksi Diri

Desember segera berakhir, 2017 tinggal menghitung hari. Setiap bulan desember akan hits kata-kata resolusi. Setiap orang pasti memper...